Sabtu, 05 Juni 2010

Isra' mi'raj Nabi Muhammad SAW

Assalamu'alaikum . . .wr.wb.
Hadirin yg berbahagia. . .

Bulan rajab adl bulan yg mulia,,krn dlam bulan itu Nabi Muhammad Saw,di isra' mi'rajkan olh Allah Swt. Beliau di berangkatkan dri Masjidil Haram ke Masjidil aqhsa, kemudian di naikkan ke Sidratul Muntaha hingga ke Mustawa. Brtmu lgsung dgn Allah Swt.
Peristiwa ini trjdi pd mlam 27 Rajab thun 612 M.setahun sblum Nabi hijrah ke Madinah.

Peristiwa isra' mi'raj di kenal dgn thun duka cita (' amul huzni) mengapa demikian?
Krn pd thun itu beliau mengalami brbgai cobaan yg ckup berat,di antranya. . .
- Abu Thalib paman beliau yg mgasuh sejak kecil dan stlah beliau di ankt menjdi Nabi dan Rasul pun ia senantiasa siap membntu dan membela beliau ketika trjdi serangan kaum kafir Quraisy, ia meninggal dunia.
- Tidak lma kemudian,di susul dgn meninggalnya istri beliau Siti Khadijah r.a. Seorang istri baik,org yg pertama masuk islam,yg brsedia mengorbankan harta bendanya demi kepentingan islam dan senantiasa mmberi motivasi dan menghibur Rasulullah dlm mghadapi liku2 prjuangan menegakkan kebenaran. . .
- stlh sepeninggalnya Abu Thalib dan Khadijah r.a serangan kaum kafir Quraisy semakin gencr dan dahsyat.
Kemudian Rasulullah hijrah ke Thaif dgn harapan agr mendpt dukungan dr pendu2k sna,krn kebetulan 3 kpla suku di Thaif msh ada hub kerabat dgn beliau. Tpi harapn tgl harapan n jauh dgn yg di harapkan, justru sebaliknya. Beliau di usir dr Thaif,di lempari batu sampai kaki n kepla beliau brdarah2. . .
Na'uzubillah tsumma na' uzubillah. . .

Hadirin yg di muliakan Allah. . .

Dalam kondisi itulah Allah mghibur beliau unt di prsaksikan kpdnya tanda2 kebesaran n kekuasaan-Nya. Dgn di isra' mi' rajkan baik bdan dan rohnya pd suatu malam yg pnuh hikmad n sakral,di temani malaikat jibril,a.s.wkt yg di tempuh hanya 1/3 malam.

Dlm firman Allah. . .
Suhanalladzii asroo bi'abdihii. . .lailam minal masjidil haraami ilal masjidil aqshaal ladzii baaroknaa haulahuu linuriyahuu min ayaatinaa innahu huwas sami' ul bashiir. . .
Artinya: " Maha Suci Allah,yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepdanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha melihat."(QS.Al-Israa':1)

Dalam perjalanan isra' mi'raj tsb Nabi di perkenalkan dgn Nabi golongan Ulul Azmi.Di Baitul Maqdis beliau menjd imam shalat,dan ketika di Mi"rajkan di tiap2 langit beliau di smbut Nabi2 trdahulu, yaitu Nabi Adam,Nabi Yahya,Nabi Isa,Nabi Yusuf,Nabi idris,Nabi Harun,Nabi Musa n Nabi Ibrahim.smw itu menunjukkan bhwa Allah mguts Nabi dan Rasul dln aqidah sama.megajak umat manusia untk Briman Tiada Tuhan melainkan Allah Swt.

Hadirin yg berbahagia. . .

Sedangkan hikmah yg kita petik dri isra' mi'raj ini yg paling penting adalah. . .perintah shalat lima waktu sehari semalam,Sbgai pagar penahan nafsu dan syahwat. suatu amal ibdh yg mempunyai nilai trtinggi dan sbgai roh Agam Islam.
Rasulullah Saw.brsbda.
" Assholatu 'imaaduddin faman aqoo mahaa faqod aqoo maddin waman tarokaha faqod hadamaddin
Artinya: " Shalat adl tiang Agama,brg siapa yg menunaikannya brarti ia menegakkan agama n brg siapa yg meninnggalkannya brarti merobohkan agama."

shalat adl amalan yg pertama di hisab di hari kiamat.
Bagaimana tdk,,,bukankah dgn shalat manusia komunikasi lgsung dgn Allah,dan di krjakan tdk hanya brsih pakaian tempat,tpi jga hati dan fikiran.dan dlm bacaan shalat itu sendiri mhon petunjuk,perlindungan,pertolngan,kasih sayang dan ampunan.subhanallah. . .

Hadirin yg di rahmati Allah. . .

Walaupun sekarang manusia bnyak lupa dgn Tuhannya, dan lg trkena penyakit demam harta,tahta,dan Demam Cinta. . .marilah kita brsama2 mulai sekarang mulai dari diri kita, mulai daril yg kecil. Kita teruskan dan perjuangkan Agama Allah. . .laksanakan perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya.

7 x 7 49. . .
Se7 tdk se7 yg pasti penampilan,menang kalah terakhiran,utamakan sillaturrahmi dan prsaudaraan. Mhon Maaf tas segala kesalahan. . .
Sukron katsiran ala ihtimaa mikum.

Wassalamu'alaikum.wr.wb.

1 komentar: